Kegiatan Produktif Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Membagi waktu antara sekolah, belajar dan melakukan kegiatan menyenangkan memang bukan hal yang mudah bagi anak. Apalagi sistem full day school yang mungkin membuat anak merasa penat. Jika weekend atau hari libur tiba, mereka lebih suka bersantai atau malas-malasan karena rutinitas padat saat weekdays. Oleh sebab itu, penting bagi orangtua untuk memberikan kegiatan produktif anak di rumah. Hal ini bisa membantu mengatasi penat mereka tanpa harus mencari hiburan di luar rumah.

Agar Anda bisa memaksimalkan potensi anak, pastikan memberikan pendidikan yang baik di lingkungan rumah. Yuk, simak apa saja hal yang bisa Anda coba bersama si kecil di rumah berikut ini!

Membantu membersihkan kamar atau rumah

Membiasakan anak disiplin sejak bangun pagi merupakan hal penting agar mereka sadar mengenai tanggung jawab. Anda wajib mengajarkan anak untuk senantiasa membersihkan kamar setelah bangun tidur. Jika memiliki waktu luang atau masa liburan tiba, ajak si kecil membantu membersihkan rumah.

Meskipun anak-anak mungkin mengeluh karena mengurangi jam istirahat, mengajarkan kegiatan produkti anak di rumah bisa mengajarkan mereka untuk memiliki sifat bekerja keras alias tidak manja lho! Anda bisa mulai dari pekerjaan ringan saja seperti menyapu lantai atau mencuci piring saja.

Membuat hasta karya

Bosan dengan libur panjang yang tidak ada agenda jalan-jalan ke luar rumah? Anda bisa mencari ide kegiatan produktif anak di rumah seperti membuat hasta karya. Cari ide hasta karya dari barang-barang bekas yang tidak terpakai atau bahan daur ulang. Anda bisa membuat vas atau kotak pensil dari botol bekas minuman yang tidak dipakai dan dicat warna-warni. Bisa pula membuat gantungan kamar dari bahan murah seperti kain flanel, kain perca atau benang. Biarkan si kecil berkreasi dengan desain miliknya sendiri ya!

Mengajaknya belajar memasak

Tak hanya anak perempuan saja, anak laki-laki pun bisa belajar memasak bersama ibu, kok. Kegiatan produktif anak di rumah saat memiliki masa luang ini sangat bermanfaat. Ajak si kecil belajar membuat makanan favoritnya atau kesukaan anggota keluarga lain. Anda juga bisa mengajak anak berkreasi membuat kue yang disukai. Dijamin mereka akan antusias belajar dan membantu Anda. Jika makanan favorit sudah jadi, minta mereka membagikannya pada orang-orang tersayang di rumah data sgp.

Berkebun

Kegiatan produktif anak di rumah yang bisa Anda coba adalah berkebun. Ajak si kecil mencintai lingkungan sejak usia dini dengan menanam berbagai bunga dan tanaman di halaman rumah. Kalau Anda memiliki ukuran kebun yang minimalis, bisa mengkreasikan ide taman vertikal. Biarkan si kecil belajar mengenai berbagai jenis tumbuhan termasuk cara merawat yang benar.

Membaca buku

Si kecil bosan dengan rutinitas membaca buku pelajaran setiap hari? Sesekali ajak dia membaca buku cerita anak, sejarah, komik, dan lain-lain. Anda juga harus menemani si kecil membaca buku ya! Kebiasaan ini bisa membuat si kecil menjadi pribadi yang cinta membaca, berwawasan dan cerdas sejak usia dini.

Setelah ia selesai membaca buku favorit, Anda bisa mencoba untuk menanyakan apa yang ia baca. Biarkan ia bercerita atau mendongeng untuk mendukung pemahaman pada bacaan termasuk melatih kemampuan komunikasi. Dijamin kegiatan produktif anak di rumah ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan psikologisnya.

Menggambar

Sediakan sebuah buku gambar atau tembok khusus menghasilkan karya-karya terbaik. Biarkan anak bereksperimen dengan menggambar hal-hal yang ia suka. Anda juga bisa memberikan referensi gambar dari media cetak atau internet. Media tembok khusus ini juga bisa menjadi salah satu alternatif agar anak tidak mencoret-coret tembok rumah yang lain. Kalau Anda bisa memilih kegiatan produktif anak di rumah yang bermanfaat, kenapa tidak?

Bermain mainan edukasi

Anak-anak memang tak bisa lepas dari mainan. Saat ia memiliki waktu luang atau libur sekolah, pasti ingin menghabiskan waktu untuk bermain. Kalau Anda sedang sibuk dan tidak bisa menemani si kecil bermain di luar rumah, berikan jenis mainan edukasi. Anda bisa membelikan permainan seperti lego, microphone untuk menyanyi, alat musik dan lain-lain. Jenis mainan yang edukatif akan membantu anak Anda mengembangkan kreatifitas dan potensi diri yang dimiliki. Hal ini jauh lebih bermanfaat dibandingkan ia menghabiskan waktu seharian untuk menonton televisi atau bermain gawai. Yuk, selektif memilih jenis permainan anak yang bernilai edukasi ya!

7 kegiatan produktif anak di rumah bisa menjadi bahan referensi untuk Anda yang pusing memberikan jenis kegiatan yang bermanfaat. Anak-anak memiliki periode emas yang harus dikembangkan secara maksimal agar memiliki karakter yang baik sejak dini. Anda jelas ingin memiliki anak yang cerdas dan bersikap tanggung jawab pada diri sendiri atau keluarga, bukan? Ajak si kecil menikmati waktu luang dengan berbagai hal positif ya!