Cara Seorang Pendidik Mengembangkan Kreativitas Anak

Ketika hendak memancing kreativitas seorang anak, sangat pentig bagi seorang pendidik berpikiran positif. Pikiran positif dapat menular, begitu pula dengan pikiran negatif. Bila pendidik selalu berpikiran negative seperti pesimis, merendahkan, menganggap buruk apa yang dilakukan anak, menganggap anak tidak mampu atau pun pikiran negatif lainnya, maka hal ini bukanlah hal yang baik.

Berpikiran Positif

Ketika hendak memancing kreativitas seorang anak, sangat pentig bagi seorang pendidik berpikiran positif. Pikiran positif dapat menular, begitu pula dengan pikiran negatif. Bila pendidik selalu berpikiran negative seperti pesimis, merendahkan, menganggap buruk apa yang dilakukan anak, menganggap anak tidak mampu atau pun pikiran negatif lainnya, maka hal ini bukanlah hal yang baik.

ra mengembangkan kreativitas anak misalnya, anak bermain dengan crayon dan membuat gambar di dinding, sebaiknya seorang pendidik tidak langsung marah dan tidak menganggap anak tersebut nakal. namun ucapkan kalimat yang baik dan pujian, lalu arahkan anak untuk menggambar di kertas atau buku yang disediakan untuk mengasah kreativitasnya.

Tidak Memaksa

Sikap memaksa merupakan sikap yang harus ditinggalkan oleh pendidik. Pemaksaan akan menimbulkan stress pada anak, sehingga jalan kreativitas akan buntu. Memaksa juga dapat menghilangkan ide dan imajinasi yang sebenarnya bisa dikembangkan oleh anak-anak.

Banyak kasus anak-anak mengubur ide dan imajinasi mereka sebab mengalami pemaksaan. Seorang pendidik harus siap sedia memasang telinga untuk mendengarkan ide dan imajinasi anak-anak, jangan menganggap bahwa anak kecil tidak tahu tentang apapun.

Tegas Terhadap Batasan Baik-Buruk dan Benar-Salah

Kreativitas adalah hal unik dan bisa begitu luas. Oleh karena itu, pendidik harus mampu menegaskan batasan pada anak-anak. Seperti apa kreativitas yang masuk kategori baik atau buruk maupun benar atau salah. Sebagian pendidik membiarkan kreativitas anak terasah tetapi dibiarkan tanpa pengawasan maupun batasan yang tegas, sehingga anak berkembang dengan kreativitas di jalan yang salah.

Bermain

Kegiatan bermain identik dengan dunia anak-anak. Bermain menjadi alternatif cara mengembangkan kreativitas anak. Akan tetapi, sebagai pendidik sudah seharusnya dapat mengarahkan anak-anak pada jenis permainan yang bagus untuk memancing kreativitas mereka.

Pertanyaan Kreatif

Jalinan komunikasi antara pendidik dan yang dididik merupakan salah satu hal penting. Komunikasi juga dapat memancing krativitas anak. Misalnya mencoba memberikan pertanyaan-pertanyaan ringan yang bisa membuat anak terbiasa mengerahkan daya pikirnya. Contoh pertanyaan ringan :

  1. Pernah melihat ikan? Apa warna ikan yang pernah dilihat? Ikan hidup dimana? Ikan makan apa? Sekarang apakah kamu bisa menggambar ikan? Coba gambarkan ikan di kertas itu!”
  2. “Pilot itu apa? Pernah lihat pesawat? Pernah naik pesawat? Pesawat terbang di mana? Sekarang apakah kamu bisa menggambar pesawat? Coba gambarkan pesawat yang bagus di kertas itu!”

Obrolan ringan dengan pertanyaan seolah sepele seperti itu dapat menjadi cara mengembangkan kreativitas anak.

Tantangan

Selain lima cara di atas, memberikan tantangan juga merupakan cara mengembangkan kreativitas anak. Remaja dan orang dewasa suka dengan tantangan. Begitu pula anak kecil, justru anak-anak sangat menyukai tantangan kemudian mereka bisa semakin tertarik dan mendalami tantangan tersebut, walaupun ada pula sebagian kecil anak-anak justru awalnya mengalami ketakutan.

Temukan kreativitas anak setelah berhasil melewati tantangan, baik secara individual maupun berkelompok. Namun tetap memfilter batasan sesuai usianya.

Pujian

Anak mana yang tak suka dipuji? Tahukah Anda bahwa pujian atas usaha yang dilakukan anak-anak dapat menjadi pemicu kreativitas mereka semakin berkembang. Bahkan cara mengembangkan kreativitas anak dengan melontarkan pujian dapat meningkatkan percaya diri dan mereka akan terpicu untuk melakukan kreativitas semakin baik dan lebih baik lagi.

Namun berikan pujian yang jujur dan memang layak mereka terima. Apabila karya atau usaha mereka belum layak mendapatkan pujian, maka sebaiknya pendidik mendorong anak-anak dengan menyemati dan memberikan solusi agar mereka semakin kreatif.

Eksplorasi

Pendidik perlu mendukung eksplorasi pada sasaran didiknya. Hal ini merupakan bagian dari cara mengembangkan kreativitas anak. Teori dan praktek adalah satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan dalam mendidik. Eksplorasi sendiri merupakan bagian dari praktek, namun dengan mendorong anak berekplorasi maka kreativitas akan terasah dan berkembang. Eksplorasi memancing keingin tahuan dan secara alami menumbuhkan kreativitas.

Mengasah Keberanian, Kemandirian dan Rasa Tanggung Jawab

Anak-anak yang sering kali dalam perlindungan dan tak diberikan kesempatan mandiri akan mencetak mereka menjadi kurang kreatif dan pengecut. Penting bagi pendidik untuk mengasah keberanian, kemandirian dan rasa tanggung jawab pada anak-anak. Biarkan mereka keluar dari zona nyaman. Tantang mereka mencari solusi dan berikan pemahaman mengenai tanggung jawab.

Pahami Anak

Setiap anak memiliki minat, bakat, karakter, dan sifat masing-masing. Pendidik seharusnya mampu memahami tentang hal itu pada setiap anak yang dididiknya. Hal tersebut akan berkaitan erat dengan kreativitas pengeluaran hk yang munculkan pada masing-masing anak. Anda tak bisa menyamakan atau pun membandingkan yang satu dengan yang lain, karena semua mempunyai kelebihan serta kelemahan.

Dengan memahami, pendidik dapat mencari cara mengembangkan kreativitas anak, kemudian mengasahnya agar menjadi luar biasa.